17.7.09

Jakarta's Public Busses - A One-Stop Shopping and Entertainment

Transportasi memang selalu jadi bahasan menarik di Ibukota. Mulai dari macet jalanannya, bobrok bis-bisnya, copet di dalamnya, dan penjual kaki limanya.

Sejak berkenalan dengan busway, gue emang ngga sesering dulu naik bis kota. Jaman masih idup di Mampang, perjalanan ke kantor emang selalu dengan bis bernomor 46. Bisnya guedeee, rongsokan dari bis Jepang, kayanya. Mesinnya butut, jendelanya lebar-lebaaar, mayan kalo mau ngadem. Cuma, ya itu, penuhnya na'ujubile deh! Apalagi kalo jam-jam sibuk, kaya jam berangkat ato pulang kantor.

Nah, beberapa hari yang lalu, gue berkesempatan naik bis ini pas jam yg belum sibuk, jam 4-an gitu lah. Jadilah bis itu ngga terlalu sesak dengan banyaknya orang yang berdiri *plus ngga terlalu bau ketek dari mereka yang pegangan diatas, huehee..*

Gue kan orangnya emang suka merhatiin hal-hal yang ngga penting gitu ya, ciiin... Ternyata lumayan banyak pemandangan lucu yang gue temuin di bus itu. Nah, yang mo gue ceritain sekarang adalah para penjaja-penjaja yang mobile, bapak-bapak judes di depan tempat gue duduk, dan temen gue Yetta. Hihi

Baru aja gue duduk, tiba-tiba pangkuan gue udah dijatohin buku mewarnai buat anak-anak. Ada lima macam, boy. Gambar-gambar tumbuhan, binatang, alam, huruf dan angka, semuanya hanya berupa outline aja. Siap diwarnai oleh tangan-tangan mungil putra-putri ibu bapak di rumah...

Gue, gak tertarik. Bapak-Bapak Judes (BBJ), mengibaskan tangan. Yetta, gak tertarik.

Abis si penjual ngider dan keluar dari bis, dateng lagi penjual yang lain. Kali ini yang dijual adalah buku pintar kaya RPUL *kalo jaman gue SD dulu*. Ngoceh-ngoceh bentar, langsung deh itu buku mendarat lagi di pangkuan.

Gue, gak tertarik juga. BBJ, mengibaskan tangan dengan judes. Yetta, membuka dan membaca-baca buku itu dengan malas. Alhasil kita bertiga ngga beli, dong...

Abis si penjual RPUL, datanglah pengamen. Gue lupa lagunya apaan.

Gue, ngerogoh gopek'an. BBJ, masih mengibaskan tangan sambil menambah efek dramatis buang muka. Yetta, cuek.

Eh, belom brenti juga kesibukan di bis ini. Padahal gue cuma naik dari Slipi ke Tebet, lho. Ada penjual alat pijit yang ciamik! Terbuat dari kayu, bisa buat kerok, buat urut, buat pijit, segala macem deh! Bentuknya kaya bintang ninja gitu. Harganya lima ribu. Dibandingkan dengan kegunaannya yang sangat bervariasi, ini udah dibanting banget! haha

Gue, ya gak tertariklah! BBJ, langsung beli! gue ampe kaget. Yetta, kayanya lagi ngelamun deh.

Teruuuuus, masih ada lagi. Tukang jualan pulpen. Merknya Eazy-Rite MILENO. KEnapa gue bisa apal gitu? Karena gue beli, hahahaha... Ada tiga biji, warna ijo, ungu sama oranye. Harganya murah meriah, hanya dua ribu saja. Gue beli dooong!!

Gue, ya lo tau deh. BBJ, sepertinya sudah tidak perduli keadaan sekitar. Yetta, ngeledekin gue karena gue beli pulpen-pulpen itu, huhu.

Ini gue udah mau turun di Tebet, eh masih naik lagi pengamen bapak-bapak yang bawa suling sunda. Buseeet..!

Gila kan, bus di Jakarta ini?? Bener-bener one-stop shopping and entertainment!



Cheers,
-ajeng-